Amerika Serikat Merilis Video Amatir Osama Bin Laden

22:27



Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon, merilis sejumlah video amatir Osama Bin Laden yang disita dari tempat pemimpin al-Qaida itu ditembak mati pekan lalu.

Amerika Serikat Merilis Video Amatir Osama Bin Laden

Rekaman video itu memperlihatkan Osama sedang menonton dirinya di televisi, dan mempersiapkan pesan video yang ditujukan kepada Amerika Serikat.


Dalam konferensi pers di Washington, D.C., Pentagon juga merilis video propaganda yang direkam oleh Bin Laden.

Total lima video disita ketika pasukan komando Amerika dari satuan elit Navy Seal menggerebek kediaman Osama Bin Laden, 54 tahun.

Dalam video pertama, yang direkam pada Oktober atau November 2010, Ben Laden terlihat mengenakan songkok putih dan jubah putih ketika dia berbicara di depan kamera.

Penampilan seperti itu menjadi gaya pidato video sebelumnya yang dibuat sang pemimpin al-Qaida itu.

Tidak ada suara di film tersebut, tapi aparat Pentagon menyatakan video itu memuat pesan kepada Amerika Serikat.

Tiga klip video lain tampaknya merekam gladi resik pembuatan pesan video, kata wartawan BBC Jonny Dymond di Washington.

Ini merupakan film serupa pertama yang mun cul sejak al-Qaida menerbitkan pidato video dari Bin Laden tahun 2007, kata wartawan kami.

Propaganda

Dalam video lain, Bin Laden terlihat menonton televisi. Dalam video berbeda, Bin Laden terlihat menonton acara mengenai dirinya di tayangan stasiun televisi berbahasa Arab.


Dia tampak duduk di lantai dengan menutupi badan dengan sesuatu yang mirip selimut atau jas, sambil memegangi remote control.

Ketika menyaksikan tayangan televisi itu, Osama mengelus jenggot, yang tampak lebih putih dari pada yang terlihat di video propaganda.

Tidak ada yang terlihat dalam video yang menunjukkan Bin Laden berada di kompleks rumah tempat dia dibunuh oleh pasukan Amerika.

Namun, penerbitan klip itu bagian dari upaya lanjutan oleh pemerintah AS untuk meyakinkan orang-orang yang meragukan tewasnya Osama bin Laden dalam serangan hari Senin, kata wartawan BBC.

Penggerebekan hari Senin (2/5) di Pakistan oleh pasukan komando AS menghasilkan' 'satu kumpulan terbesar bahan-bahan milik teroris senior,'' kata seorang pejabat senior AS hari Sabtu.

Tim pejabat AS tengah meneliti komputer, DVD, hard drive dan dokumen yang disita dari rumah di Abbotabad, Pakistan utara tempat Osama bin Laden mungkin bersembunyi sekitar enam tahun. (sumber: bbc.co.uk)


You Might Also Like

0 comments

Our Company

Instagram